Kebijakan Privasi

Terakhir diperbaharui : 24 Juli 2023
1.   Pendahuluan

   Pemberitahuan Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (selanjutnya akan disebut DPMPTSP) Kabupaten Badung yang menaungi Mal Pelayanan Publik (selanjutnya akan disebut MPP) Kabupaten Badung mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, menguasai, mentransfer, mengungkapkan dan melindungi Informasi Pribadi anda. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua Pengguna (selanjutnya akan disebut Pemohon) serta Petugas yang bertugas atau terintegrasi pada aplikasi kami (termasuk aplikasi pemohon, dan aplikasi petugas), situs web, serta layanan, kecuali diatur pada kebijakan privasi secara spesifik dan terpisah.
   Kebijakan Privasi ini disediakan secara berurutan sehingga anda dapat melihat kebijakan yang tersedia. Harap baca Kebijakan Privasi ini secara menyeluruh untuk memastikan bahwa anda memahami praktik pelindungan data kami. Agar lebih mudah dimengerti, kami sudah merangkum poin-poin pentingnya di bagian ringkasan. Kecuali ditentukan lain, semua istilah dalam huruf kapital yang digunakan dalam Kebijakan Privasi ini akan memiliki arti yang sama dengan istilah tersebut dalam Ketentuan yang berlaku terkait Pemohon dan Petugas pada MPP Kabupaten Badung secara khusus serta DPMPTSP Kabupaten Badung secara umum.

2.   Pengakuan dan Persetujuan

   Dengan menyetujui Kebjiakan Privasi, anda (pemohon dan petugas) mengakui bahwa anda telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, anda setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah Informasi Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
   Dalam keadaan di mana anda menyediakan kepada kami Informasi Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (seperti Informasi Pribadi yang berkaitan dengan nama anda, alamat, nomor telepon aktif, email, foto, koordinat lokasi dan lain-lain), anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan terkait, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi mereka oleh kami.
   Anda dapat menarik persetujuan anda untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi anda kapan saja dengan memberikan kepada kami pemberitahuan yang wajar secara tertulis menggunakan rincian kontak yang disebutkan di bawah ini. Tergantung pada keadaan dan sifat persetujuan yang anda tarik, anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan tersebut, anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Aplikasi atau layanan. Penarikan persetujuan anda dapat mengakibatkan penghentian Akun anda atau hubungan anda dengan kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi anda, kami akan menginformasikan kepada anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga anda dapat memutuskan apakah anda tetap ingin menarik persetujuan.

3.   Ringkasan Terkait Privasi

  a. Informasi apa yang kami kumpulkan tentang anda ?

Kami mengumpulkan Informasi Pribadi saat anda menggunakan aplikasi, situs website resmi dan layanan kami. Kami juga mengumpulkan informasi perangkat dan teknis dari anda, dan informasi lain yang mungkin anda kirimkan saat anda menggunakan aplikasi, situs website resmi dan layanan kami. Jika anda memilih untuk tidak menyediakan informasi tersebut, kami tidak akan dapat menyediakan aplikasi, situs website resmi dan layanan kepada anda secara normal.

  b. Bagaimana kami menggunakan informasi tentang anda ?

Bagaimana kami menggunakan informasi anda tergantung pada apakah anda seorang Pemohon atau Petugas. Jika anda adalah pemohon, kami menggunakan informasi anda untuk mengatur dan mengelola Akun anda dengan kami, berkomunikasi dengan anda, dan sebaliknya memberi anda berbagai layanan dan fungsi yang tersedia di aplikasi, situs website resmi dan layanan kami. Jika anda adalah petugas, kami menggunakan informasi anda untuk memverifikasi bahwa anda dapat menyediakan layanan, memungkinkan anda menyediakan layanan kepada pemohon, mengatur dan mengelola akun anda dengan kami, berkomunikasi dengan anda, dan sebaliknya memberi anda berbagai layanan dan fungsi yang tersedia di aplikasi, situs website resmi dan layanan kami. Kami juga menggunakan informasi anda untuk melakukan pemeliharaan atas aplikasi, situs website resmi dan layanan kami dengan preferensi anda.

  c. Dengan siapa kami membagikan informasi anda ?

Informasi yang sudah dikirim oleh pemohon maupun petugas tidak akan dibagikan kepihak luar manapun, kecuali apabila terjadi proses hukum dan informasi itu dibutuhkan oleh pihak berwajib. Kami juga membagikan informasi anda dengan lembaga pemerintah dan otoritas pemerintah lainnya sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

  d. Dimana kami memproses informasi anda ?

Informasi yang kami Kelola disimpan pada server internal pada DPMPTSP Kabupaten Badung, terintegrasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, serta pemasok pihak ketiga untuk tujuan sebagaimana ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini.

  e. Berapa lama kami menyimpan informasi anda ?

Kami menyimpan informasi anda (pemohon maupun petugas) selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya, atau sebagaimana diwajibkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku.

  f. Bagaimana saya melaksanakan hak saya atas informasi saya ?

Anda sebagai pemohon maupun petugas pada MPP Kabupaten Badung mungkin memiliki berbagai hak sehubungan dengan data anda berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku dan anda dapat menghubungi kami untuk melaksanakan hak anda.

  g. Hubungi Kami

Apabila anda memiliki pertanyaan, perhatian atau keluhan, dapat menghubungi kami melalui rincian kontak yang dapat ditemukan pada bagian Hubungi Kami.

  h. Bagaimana kami akan memberitahukan anda terkait perubahan ?

Kami akan mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dan memberitahu anda tentang versi yang diperbarui melalui aplikasi, situs website resmi atau email anda yang terdaftar pada kami. Silakan periksa kembali secara berkala untuk melihat pembaruan atau perubahan apapun pada Kebijakan Privasi ini. Penjelasan lebih lanjut tentang hal di atas dapat dibaca pada bagian di bawah ini

4.   Informasi Pribadi yang Kami Kumpulkan

4.1   Jenis-jenis Informasi Pribadi yang kami kumpulkan “Informasi Pribadi” berarti informasi yang mengidentifikasi atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut. Informasi Pribadi termasuk, namun tidak terbatas pada, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, alamat email, jenis kelamin, identifikasi (termasuk paspor atau dokumen identitas nasional) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan pemerintah, foto, kewarganegaraan, dan nomor telepon. Selain itu, sejauh informasi lain, termasuk profil pribadi, dan/atau pengenal unik, dikaitkan atau digabungkan dengan Informasi Pribadi, maka informasi tersebut juga merupakan Informasi Pribadi.
   Jenis Informasi Pribadi yang kami kumpulkan bergantung pada keadaan pengumpulan dan sifat layanan yang diminta. Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, kami dapat mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mentransfer jenis-jenis berbeda dari Informasi Pribadi tentang anda yang telah kami kategorikan sebagai berikut :

a.  Data Identitas mencangkup nama, nama pengguna, kartu tanda penduduk, identitas pengguna atau pengenal lainnya, jabatan, tanggal, tanggal kelahiran, jenis kelamin, tempat kelahiran, pekerjaan, kebangsaan, dan foto.

b.  Data Kontak mencangkup alamat email, serta nomor telepon

c.  Data Lokasi mencangkup informasi lokasi geografis waktu nyata (real time) anda

d.  Data Wajah mencangkup penggunaan kamera depan/belakang pada perangkat selular atau webcam pada pc/laptop sebagai pengambilan foto pada beberapa aplikasi atau situs website resmi

   Kami dapat membuat, menggunakan, melisensikan, atau mengungkapkan Data Gabungan seperti data statistik atau demografi untuk tujuan apa pun. Data Gabungan dapat berasal dari Informasi Pribadi anda tetapi tidak akan dianggap sebagai Informasi Pribadi karena data ini tidak akan secara langsung atau tidak langsung mengungkapkan identitas anda karena kami akan memastikan :

a.   bahwa semua pengenal telah dihapus sedemikian rupa sehingga data, sendiri atau bersama-sama dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi siapa pun, dan

b.   data tersebut kemudian digabungkan dengan data serupa sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.

4.2   Jika Anda menyediakan Informasi Pribadi yang tidak lengkap
   Jika kami perlu mengumpulkan Informasi Pribadi berdasarkan hukum, atau berdasarkan ketentuan sebuah perjanjian yang kami miliki dengan anda, dan anda memilih untuk tidak menyediakan Informasi Pribadi tersebut atau menyediakan Informasi Pribadi yang tidak lengkap kepada kami saat diminta, kami mungkin tidak dapat melaksanakan perjanjian yang kami miliki atau sedang dalam proses untuk disepakati dengan anda.

4.3   Bagaimana kami mengumpulkan Informasi Pribadi anda
   Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dapat diberikan oleh anda secara langsung atau oleh pihak ketiga (misalnya: ketika anda mendaftar atau menggunakan aplikasi atau situs website resmi, ketika anda menghubungi layanan pelanggan kami, atau sebaliknya ketika anda menyediakan Informasi Pribadi kepada kami). Kami dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diizinkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku).

a.   Informasi yang kami kumpulkan dari anda atau perangkat anda secara langsung

Anda dapat memberikan kepada kami Data Identitas, Kontak, dan Profil, termasuk dalam keadaan dimana hal tersebut diminta oleh kami atau dalam keadaan diharuskan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, saat berinteraksi dengan kami secara langsung atau berkorespondensi dengan kami melalui surat, email atau lainnya. Hal ini termasuk Informasi Pribadi yang anda sediakan ketika anda:

a)  mendaftar dan membuat sebuah akun dengan kami menggunakan aplikasi atau situs website resmi;

b)  menggunakan aplikasi atau situs website resmi, termasuk jika anda mendaftar sebagai pemohon pada beberapa aplikasi atau situs website serta petugas pada MPP Kabupaten Badung

c)  memberikan masukan atau menghubungi kami.


b.  Informasi yang dikumpulkan setiap kali anda menggunakan aplikasi atau situs website resmi

a)  Informasi yang dikumpulkan dari sisi Pemohon

Data-data yang akan terkumpul dari informasi pemohon yaitu anda akan melampirkan file dokumen terkait izin yang akan anda ajukan (misalnya, pada informasi tata ruang, pemohon diwajibkan mengunggah gambar denah lokasi dalam format .pdf).

Berikut nya data yang telah didaftarkan pada aplikasi atau situs website resmi dapat digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi atau situs website resmi (misalnya, pemohon akan mengajukan pengambilan nomor antrian secara online melalui aplikasi)

Informasi pemohon seperti identitas, alamat email serta nomor telepon dapat dinonaktifkan sewaktu-waktu, tetapi data tersebut akan tetap tersimpan di dalam arsip dan server DPMPTSP Kabupaten Badung, karena akan digunakan sebagai informasi dan bukti validasi apabila dibutuhkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b)  Informasi yang dikumpulkan dari sisi Petugas

Data-data yang akan terkumpul dari informasi petugas yaitu data teknis berupa koordinat lokasi setiap melakukan presensi (kehadiran) secara waktu nyata (realtime). Dalam beberapa kondisi, anda akan diminta untuk mengaktifkan izin lokasi pada perangkat selular agar kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi (misalnya, untuk memberitahukan bahwa anda melakukan presensi pada radius lokasi MPP Kabupaten Badung). Anda dapat selalu menonaktifkan informasi terkait koordinat lokasi, tetapi hal itu dapat mempengaruhi fungsi yang tersedia pada aplikasi.

Khusus untuk data wajah yang dibutuhkan pada beberapa aplikasi petugas, anda akan diminta untuk mengaktifkan izin kamera (misalnya, petugas diwajibkan menampilkan foto secara waktu nyata untuk memastikan bahwa petugas berada pada lokasi MPP Kabupaten Badung), hal ini bertujuan agar aplikasi dapat memenuhi fungsi yang sudah disediakan karena merupakan bagian dari Standar Operasional Prosedur dari proses verifikasi presensi petugas.

Informasi petugas seperti identitas, alamat email serta nomor telepon tersedia berdasarkan masa jabatan atau masa kerja anda, jika masa jambatan atau masa kerja anda sudah berakhir, data-data terkait dapat dinonaktifkan secara umum, tetapi data tersebut akan tetap tersimpan di dalam arsip dan server DPMPTSP Kabupaten Badung, karena akan digunakan sebagai informasi dan bukti validasi apabila dibutuhkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5.   Penggunaan Informasi Pribadi

5.1   Bagaimana kami menggunakan Informasi Pribadi anda    Kami dapat menggunakan Informasi Pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku ("Tujuan"):

1.   Jika anda adalah pemohon, kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk :

a)  untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan anda sebagai pemohon dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun anda;

b)  untuk memungkinkan petugas untuk menyediakan layanan yang anda minta;

c)  untuk berkomunikasi dengan anda dan mengirimkan anda informasi sehubungan dengan penggunaan aplikasi atau situs website resmi;

d)  untuk memberitahu anda mengenai segala pembaruan pada aplikasi atau situs website resmi serta perubahan pada layanan yang disediakan;

e)  untuk mengolah dan menanggapi pertanyaan dan saran yang diterima dari anda;

f)  untuk melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan aplikasi atau situs website resmi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi anda sebagai pemohon;


2.   Jika anda adalah petugas, kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk :

a)  untuk mengidentifikasi dan mendaftarkan anda sebagai pengguna dan untuk mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan, atau mengelola akun anda;

b)  untuk memungkinkan pemohon untuk menerima layanan anda;

c)  untuk memastikan bahwa petugas menggunakan layanan pada aplikasi atau situs website resmi sesuai prosedur;

d)  untuk memastikan bahwa petugas melengkapi proses kehadiran sesuai prosedur;

e)  untuk memastikan bahwa petugas berada pada radius lokasi MPP Kabupaten Badung;

f)  untuk memastikan bahwa data foto yang petugas kirimkan merupakan data wajah asli petugas;

g)  untuk memberitahu anda mengenai segala pembaruan pada aplikasi atau situs website resmi serta perubahan pada layanan yang disediakan;

h)  untuk melakukan pemeliharaan, mengembangkan, menguji, meningkatkan, dan mempersonalisasikan aplikasi atau situs website resmi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi anda sebagai petugas;

i)  sebagai bukti dan disimpan pada arsip internal DPMPTSP Kabupaten Badung


5.2   Pengungkapan Informasi Pribadi anda    Kami dapat mengungkapkan memberikan akses atau membagikan Informasi Pribadi anda dengan pihak lain dalam pemerintahan untuk tujuan sebagai berikut ini serta untuk tujuan lain yang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku:

a)  Jika anda merupakan pemohon, untuk memungkinkan petugas melakukan dan memberikan layanan, termasuk untuk menghubungi anda;

b)  Jika anda merupakan petugas, untuk memungkinkan pemohon untuk meminta atau menerima layanan dari anda, termasuk untuk menghubungi anda;

c)  jika diinstruksikan, diminta, disyaratkan atau diperbolehkan oleh pemerintah yang berwenang, untuk tujuan sebagaimana disebutkan dalam kebijakan pemerintah, peraturan atau Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku;

d)  jika terdapat proses hukum dalam bentuk apapun antara anda dengan kami, atau antara anda dengan pihak lain, sehubungan dengan, atau terkait dengan layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut;

e)  saat layanan kami dalam bentuk aplikasi tersedia di platform resmi pihak ketiga manapun untuk membantu kami memperoleh Informasi Pribadi anda dan/atau mendaftarkan anda atau membantu anda menggunakan layanan kami pada platform pihak ketiga tersebut;


   Ketika Informasi Pribadi tidak perlu dikaitkan dengan anda, kami akan melakukan upaya yang wajar untuk menghapus atau menonaktifkan dikaitkannya Informasi Pribadi tersebut dengan anda sebagai individu sebelum mengungkapkan atau berbagi informasi tersebut.

   Kami menjamin bahwa data dan informasi terkait anda tidak akan dijual atau disewakan kepada pihak-pihak yang tidak berwenang.

   Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, kami dapat mengungkapkan dan membagikan Informasi Pribadi anda jika kami memberitahu anda dan kami telah memperoleh persetujuan anda untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.

6.   Perlindungan Informasi Pribadi

a.   Keamanan Data    Kerahasiaan Informasi Pribadi anda adalah hal yang terpenting bagi kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan Informasi Pribadi anda dari akses, pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa. Namun, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi anda, anda mengakui bahwa kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi apa pun yang anda kirimkan melalui Internet, atau menjamin bahwa Informasi Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak luar yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail Akun anda dan anda wajib untuk tidak membagikan detail Akun anda, termasuk email, kata sandi anda dan tanda identitas anda dengan siapapun, dan anda harus selalu menjaga dan bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang anda gunakan.

b.   Penyimpanan Data    Informasi Pribadi anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Kami akan berhenti menyimpan Informasi Pribadi, atau menghapus maksud dari dikaitkannya Informasi Pribadi tersebut dengan anda (pemohon maupun petugas) sebagai individu, segera setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan Informasi Pribadi tersebut tidak lagi dibutuhkan dengan menyimpan Informasi Pribadi dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Informasi Pribadi anda disimpan oleh pihak lain termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dalam hal kami membagikan Informasi Pribadi anda kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau pihak yang memiliki kerja sama dengan kami, anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Informasi Pribadi anda oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut. Informasi yang disampaikan melalui komunikasi antara pemohon maupun petugas yang dilakukan selain melalui penggunaan aplikasi dan situs website resmi kami (seperti melalui panggilan telepon, SMS, pesan seluler atau cara komunikasi lainnya) atau juga dapat disimpan dengan beberapa cara. Kami tidak mengizinkan penyimpanan Informasi Pribadi dengan cara demikian dan kami tidak bertanggung jawab kepada anda untuk hal tersebut. Sepanjang diizinkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, kami tidak akan bertanggung jawab atas penyimpanan Informasi Pribadi anda tersebut. Anda setuju untuk mengganti rugi, membela, dan membebaskan kami (DPMPTSP Kabupaten Badung) dari dan terhadap setiap dan segala klaim, kerugian, kewajiban, biaya, yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari setiap penyimpanan yang tidak sah atas Informasi Pribadi anda.

c.   Penyimpanan Data Wajah    Informasi Pribadi terkait data wajah tersimpan pada internal server DPMPTSP Kabupaten Badung. Data terkait akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Data Wajah akan disimpan di server kami dalam jangka waktu periodik tiap satu tahun berdasarkan ketentuan dari instansi setelah penggunaan terakhir di aplikasi yang membutuhkan data wajah (misalnya presensi, dikarenakan menjadi syarat wajib administrasi terkait dengan presensi kehadiran). Hal ini disesuaikan dengan kebijakan kami terkait penyimpanan data. Setelah periode tersebut berakhir, data wajah akan dihapus secara permanen dari sistem kecuali ada kewajiban hukum yang mengharuskan kami menyimpan data-data yang diperlukan dalam jangka waktu lebih lama dari ketentuan. Kami memastikan bahwa selama penyimpanan, data wajah anda akan dilindungi dengan tindakan keamanan yang sesuai untuk menjaga kerahasiaan dan keutuhan informasi terkait anda.

7.   Hak Sebagai Pengguna

   Anda (pemohon maupun petugas) mungkin memiliki hak tertentu berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku untuk meminta kepada kami terhadap akses kepada, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap Informasi Pribadi anda yang berada dalam penguasaan dan kendali kami. Sepanjang hak ini tersedia bagi anda sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, anda dapat melaksanakan hak tersebut dengan menghubungi kami di perincian yang disediakan di bawah ini.

   Kami berhak menolak permintaan anda terhadap akses pada, koreksi dari dan/atau penghapusan terhadap, sebagian atau semua Informasi Pribadi anda yang kami kuasai atau kendalikan jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Informasi Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi atau menghapus adalah untuk alasan yang kami anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan. Tunduk pada Peraturan Perundang-undangan yang Berlaku, kami mencadangkan hak untuk membebankan biaya administratif untuk setiap permintaan akses dan/atau koreksi.

8.   Catatan Tambahan

   Kami dapat meninjau kembali dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan kami sendiri dari waktu ke waktu, untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini konsisten dengan perkembangan kami di masa depan, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan. Jika kami memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, kami akan memberitahu anda tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada aplikasi dan/atau situs web, atau ke alamat e-mail anda yang tercantum dalam Akun anda. Anda setuju bahwa adalah tanggung jawab anda untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru tentang pengolahan data dan praktik pelindungan data kami, dan bahwa dengan anda terus menggunakan aplikasi atau situs web kami, berkomunikasi dengan kami, atau mengakses dan menggunakan layanan setelah adanya perubahan apapun terhadap Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai persetujuan anda terhadap Kebijakan Privasi ini dan segala perubahannya.

9.   Hubungi Kami

   Jika anda memiliki pertanyaan atau keluhan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini atau jika anda hendak mengakses dan/atau mengoreksi Informasi Pribadi anda, harap hubungi kontak atau datang ke lokasi kami sebagai berikut.

a.  Alamat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung : Pusat Pemerintah, Sempidi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351

b.  Email : caremppbadung@gmail.com

c.  Telepon : (0361) 471 525 9

d.  Call Center : 150 - 273

e.  Jam Pelayanan : 08.00 – 15.30 WITA (Senin sampai dengan Kamis), 8.00 – 11.30 WITA (Jumat) GMT + 8


Kebijakan Privasi

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung

Kebijakan privasi terkait data pemohon aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung mengungkapkan kebijakan penanganan data-data pribadi Anda pada saat Anda mengakses aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung. penggunaan aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung secara rutin dan terus menerus menunjukkan persetujuan Anda pada kebijakan privasi data pemohon kami.

Dengan anda mengunjungi, mengakses, maupun memberikan informasi dengan mengisi informasi pada Aplikasi Mal Pelayanan Publik (selanjutnya disebut pemohon), untuk menambah atau mengurangi peraturan, dan ketentuan yang berlaku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Data email dan nomor telepon yang digunakan untuk melakukan pendaftaran akun pelayanan publik wajib menggunakan email dan no telepon pemohon atas nama sendiri, bukan diwakilkan atau dikuasakan.

Pengguna memeriksa kembali kebenaran seluruh data yang akan didaftarkan pada Pelayanan Publik, petugas Pelayanan Publik tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan penulisan yang terjadi.

Pengguna memastikan informasi yang diberikan dapat dibuktikan keaslian maupun keabsahannya ketika melakukan Pendaftaran akun. Jika pemohon terbukti melakukan pemalsuan data maka pemohon akan dikenakan saksi sesuai hukum yang berlaku.

Layanan pada aplikasi ini, hanya disediakan untuk pemohon yang telah mendaftar dan pemohon harus mendaftar dengan memberikan data-data yang benar di lengkapi dengan e-mail untuk menggunakannya. Sebagai pemohon yang terdaftar, Anda diwajibkan untuk mengikuti segala peraturan pengunjungan layanan tersebut.

Penjelasan secara detail terkait Kebijakan Privasi

Berikut ini adalah informasi-informasi terkait Kebijakan Privasi pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung :

  1. Cara kerja aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung
    1. a. Pada saat pengguna mengunduh aplikasi Mal Pendaftaran Login, sistem akan menampilkan intro untuk pengenalan singkat aplikasi. Kemudian sistem akan mengarahkan pengguna ke menu login, registrasi, atau lupa password.
    2. b. Jika aplikasi baru pertama kali baru terunduh, sistem akan menampilkan akses izin aplikasi berupa kamera dan penyimpan, pengguna wajib mengaktifkan izin terlebih dahulu.
    3. c. Jika pengguna sudah memiliki akun Mal Pelayanan Publik Kabupaten badung, silahkan memasukan data sesuai dengan form yang tersedia pada menu login berupa email dan password untuk pengguna yang mendaftarkan akun tanpa melalui tombol Google, atau dapat menggunakan akun Google Mail pengguna.
    4. d. Jika pengguna yang sudah memiliki akun benar-benar lupa dengan password pengguna (Khusus untuk akun yang didaftarkan tanpa login via Google Mail), maka pengguna dapat mengisi email pada form lupa password kemudian pengguna akan mendapatkan mail.
    5. e. Jika pengguna belum memiliki akun, pengguna dapat mendaftarkan akun aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung. Kemudian sistem akan meminta persetujuan Pengguna atas Kebijakan Privasi dan Syarat Pengunaan.
    6. f. Pada aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung, pengguna dapat melakukan pengambilan nomor antrian secara online dengan memilih layanan yang tersedia, lihat history pengguna dalam melakukan antrian, memberi rating pelayanan, serta scan qr code pada kamera untuk pengguna yang melakukan pengambilan antrian secara manual (langsung ke Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung).
  2. Perolehan dan Pengumpunan Data

    Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung hanya mengumpulkan data perangkat dan informasi Anda untuk menjalankan layanan. Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung juga akan menggunakan beberapa informasi Anda untuk alasan lain yang akan dijelaskan di dalam Kebijakan ini. Data perangkat dan informasi yang akan aplikasi kumpulkan ialah:

    1. a. Informasi guna kebutuhan Registrasi: Untuk dapat menggunakan aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung, kami akan meminta Anda membuat akun Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung agar Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Data yang dibutuhkan termasuk, dan tidak terbatas pada, Nama, Nomor HP Anda, email sewaktu registrasi.
    2. b. Informasi dan Akses Izin: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung akan menyimpan informasi terkait layanan-layanan yang pengguna gunakan seperti Scan QR Code dengan kamera, pengambilan nomor antrian dan history pengguna dalam penggunaan aplikasi Mal Pelayanan Publik terkait rekam jejak pengguna yang dapat dilihat pada Menu History.
  3. Penggunaan Data

    Berdasar kebijakan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung, aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung akan mengolah dan menggunakan data anda untuk memberikan layanan terkait Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung. Data yang telah diambil akan diolah diserver selanjutnya dianalisis untuk memberikan informasi kepada anda.

    Selain itu, data dan akses yang tersimpan akan diolah untuk kebutuhan:

    1. a. Menampilkan Data Profil anda seperti nama lengkap, email dan nomor telepon pengguna.
    2. b. Menampilkan layanan yang tersedia terkait Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.
    3. c. Menampilkan History Pengguna terkait pengambilan nomor antrian pada aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.
    4. d. Membaca QR Code nomor antrian yang pengguna ambil dengan menggunakan fitur kamera.
  4. Perlindungan data Pengguna

    Data yang tersimpan pada server tidak akan dibagikan kepada pihak lain. Selain itu layanan terkait aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah mendaftarkan akun dan terenkripsi. Aplikasi juga tidak merekam data-data yang tidak terkait layanan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung. Data tidak akan diakses kecuali pengguna melakukan pelanggaran terkait ketentuan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung berhak untuk menutup/memblokir data-data terkait pengguna yang telah melakukan pelanggaran.

  5. Akses dan Perizinan Pengguna pada Perangkat

    Untuk perangkat Android dan iOS, aplikasi akan membutuhkan permission/ izin akses untuk:

    1. a. Akses Kamera: Pemberian akses pada kamera yang ada di dalam penyimpanan ponsel pengguna. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat melakukan Scan QR Code terkait pengambilan nomor antrian layanan Mal Pelayana Publik Kabupaten Badung.
    2. b. Akses Penyimpanan: Pemberian izin akses foto, media, dan files diperlukan untuk mengakses foto dan files yang ada di dalam penyimpanan ponsel pengguna. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat melakukan update foto profil (fitur ini belum terbuka, akan diberikan akses izin pada update aplikasi berikutnya).

    Bagaimana izin akses ini digunakan?

    Jika pengguna masuk ke menu scan QR, aplikasi akan membaca QR Code melalui kamera yang ada pada perangkat, setelah QR Code terbaca, aplikasi akan menutup kamera dan menuju ke halaman selanjutnya.

  6. Ketentuan Membagi dan Mentransfer Data

    Data Pribadi Anda tidak akan dibagikan oleh aplikasi kepada perusahaan atau entitas apapun kecuali Instansi Pemerintah yang ditunjuk oleh Pemerintah Republik Indonesia terkait pelayanan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.

    Aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung akan mengikuti aturan sesuai kebijakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung mengenai Perlindungan Data. Kami menjunjung tinggi kerahasiaan data pribadi pengguna untuk menciptkan iklim privasi yang sehat. Mekanisme dan cara-cara perolehan data hingga penggunaannya mengikuti aturan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung selaku penyelenggara aplikasi Mal Pelayana Publik Kabupaten Badung.

  7. Persetujuan

    Sebagaimana dinyatakan di atas, dengan mendaftarkan untuk atau menggunakan layanan di aplikasi maupun website, atau dengan mengklik tombol "Daftar" atau setara ketika Anda membuat akun baru pada aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung, Anda:

    1. a. Menyetujui Mal Pelayanan Publik dan/atau perusahaan kerjasama Pemerintah Republik Indonesia mengumpulkan, menggunakan, membagikan dan/atau mengolah data pribadi yang disebutkan di atas untuk tujuan seperti yang dijelaskan di atas.
    2. b. Menyetujui untuk menerima informasi terkait kebutuhan pengguna dari Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.

    Data-data tersebut akan disimpan sementara di penyimpanan lokal ponsel Anda secara terenkripsi dan akan dikirim ke server secara berkala. Setelah data dikirim ke server, data yang tersimpan di penyimpanan lokal ponsel Anda akan dihapus saat itu juga. Data-data tersebut disimpan secara terenkripsi di server Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung yang aman dan tidak dibagikan ke publik.

    Data Anda tidak akan diserahkan atau disebarluaskan kepada pihak lain kecuali kepada instansi pemerintah yang saat ini ditunjuk terkait Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung, atau karena ketentuan hukum.

  8. Informasi Tambahan

    Selain informasi yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung:

    1. a. Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung adalah aplikasi resmi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung terkait layanan-layanan yang tersedia pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.
    2. b. Tim yang bekerja untuk aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung menjamin kerahasiaan data pengguna.
    3. c. Informasi terkait pembaharuan aplikasi, kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan akan diinformasikan melalui aplikasi atau website resmi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung.

Ketentuan dan Kebijakan terkait Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung

Ketentuan dan Kebijakan terkait data pada aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung Office yaitu mengungkapkan kebijakan penanganan data-data pribadi anda pada saat anda mengakses aplikasiMal Pelayanan Publik Kabupaten Badung Office. Penggunaan aplikasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung Office secara rutin dan terus menerus menunjukkan persetujuan anda secara langsung pada kebijakan privasi data yang kami terapkan.

Dengan anda mengunjungi, mengakses, maupun memberikan informasi dengan menggunakan informasi pada Aplikasi Mal Pelayanan Publik (selanjutnya disebut petugas), untuk menambah atau mengurangi peraturan, dan ketentuan yang berlaku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Data email dan nomor telepon yang tersedia pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung digunakan untuk melakukan login akun pelayanan publik wajib menggunakan email dan nomor telepon petugas atas nama sendiri, bukan diwakilkan atau dikuasakan.

Kemudian data dari petugas yang sudah melakukan login akan digunakan terkait kebutuhan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung untuk melakukan hal-hal terkait program kerja seperti melakukan absensi yang membutuhkan lokasi dan kamera sebagai bukti, dan lain sebagainya.

Petugas memeriksa kembali kebenaran seluruh data yang akan digunakan pada Aplikasi Pelayanan Publik. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan penulisan yang dilakukan oleh petugas.

Petugas memastikan informasi yang diberikan dapat dibuktikan keaslian maupun keabsahannya ketika melakukan Login akun. Jika pemohon terbukti melakukan pemalsuan data maka pemohon akan dikenakan saksi sesuai hukum yang berlaku.